Potensi Peternakan di Desa Purwokerto Kec.Kayen Kab.Pati

Usaha ternak di desa merupakan usaha yang memiliki prospek yang baik. Permintaan terhadap produk peternakan meningkat setiap tahun seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk serta meningkatnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengonsumsi pangan yang bergizi. Potensi sumber daya yang tersedia di desa dapat dioptimalkan dalam upaya pengembangan komoditas peternakan. Jenis komoditas yang dipilih dapat disesuaikan dengan kondisi alam dan infrastruktur yang tersedia di masing-masing desa.

Desa Purwokerto Kecamatan Kayen Kabupaten Pati, merupakan desa yang memiliki lahan yang cukup luas. Berdasarkan sumber dari Sekretaris Desa Purwokerto, 2011 luas wilayah Desa Purwokerto, meliputi 514,804 Hektare. Pada beberapa tahun terakhir masyarakat desa Purwokerto banyak yang melakukan usaha ternak, dalam paparannya dijelaskan komoditas ternak yang meliputi:

  • Ternak ayam petelur 15 buah
  • Ternak ayam pedaging 1 buah
  • Ternak telur puyuh 2 buah

Beternak di desa merupakan salah satu piliihan strategis untuk pemenuhan kebutuhan pangan. Dari segi kebijakan, ketersediaan sumber daya, kebutuhan permodalan, akses pemasaran, dan keuntungan, beternak di desa cukup menjanjikan salah satunya usaha ternak di desa Purwokerto. Kegiatan beternak yang dilakukan masyarakat desa Purwokerto dapat dijadikan pula sebagai upaya mendorong usaha ternak di desa. Potensi ekonomi dari usaha ternak di desa khususnya Purwokerto dapat mencipatkan lapangan pekerjaan baru bagi generasi muda.

   

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan