Penerimaan KKN-IK 2021 IAIN Kudus

Kampus IAIN Kudus mewajibkan seluruh mahasiswa semester tujuh wajib mengukuti Kuliah Kerja Nyata Terintregasi Kompetensi di 4 Kabupaten yaitu Kudus, Pati, Demak, dan Jepara. Kecamatan Kayen menjadi salah satu yang ditunjuk untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Purwokerto. Di wilayah Kecamatan Kayen ini terbagi menjadi 14 Desa yang memiliki berbagai macam potensi yang dapat dikembangkan. Penyelenggaraan KKN – IK IAIN KUDUS tahun ini mengusung tema “ Pemberdayaan Potensi Desa Berbasis Moderasi Beragama” yang dilaksanakan pada tanggal 6 September – 6 Oktober 2021.

Pada hari selasa 7 September 2021 mahasiswa KKN – IK IAIN KUDUS melakukan kunjungan di kediaman bapak kepala desa Purwokerto yaitu membahas program kerja yang akan kami lakukan di Desa Purwokerto untuk satu bulan ke depan. Ibu Laily Fu’adah, M. Pd.,  selaku Dosen Pembimbing Lapangan berpesan kepada setiap mahasiswa KKN – IK untuk membantu mengembangkan potensi di desa seperti potensi perekonomian maupun keagamaan.

Kunjungan di kediaman Bapak Purtoyo selaku Kepala Desa Purwokerto, mahasiswa KKN – IK mendapatkan keleluasaan untuk menjalankan program kerja yang akan dilakukan. Bapak Purtoyo berharap dengan adanya mahasiswa KKN – IK bahwa desa Purwokerto dapat dikenal masyarakat luas terkhusus di Kabupaten Pati dengan potensi yang dimiliki.

Beberapa Tahun terakhir masyarakat desa Purwokerto sedang menggeluti usaha ternak dan budidaya tanaman alpukat. Potensi tersebut sejalan dengan program kerja yang menjadi sasaran mahasiswa KKN – IK. Program kerja yang telah kita susun diantaranya meliputi : revitalisasi website desa (mengembangkan berbagai potensi hasil ternak dan hasil bumi), keagamaan (Membantu mengajar di TPQ Madin Ar – Rosyad, ikut serta dalam acara rutin setiap Jumat di masjid desa Purwokerto, membuat artikel), mengadakan bimbingan belajar.

Penulis : Renita Sahara, Maylania Maya Sufa, Ratrian Tika Sari, Danang Anwar F.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan